10 Manfaat Buah Srikaya

Samharis.com - 10 Manfaat Buah Srikaya. Tahukah Anda bahwa tubuh bukan hanya membutuhkan berolahraga untuk tetap sehat. Namun juga butuh makanan yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang buah skrikaya dan manfaatnya. Buah srikaya atau apple custard adalah buah yang digemari oleh banyak orang.

10 Manfaat Buah Srikaya

Buah srikaya memiliki bentuk bervariasi, dari yang miring, bulat, berbentuk hati ataupun berbentuk tidak beraturan. Apapun bentuk yang dimiliki buah ini, buah ini tetap enak untuk dikonsumsi. Selain memiliki daging dengan tekstur putih, buah srikaya juga memiliki tekstur yang lembut dan halus daging buahnya, Buah srikaya memiliki rasa yang manis dan gurih serta memiliki banyak biji. Satu lagi, pastikan bagi Anda agar tidak mengkonsumsi biji buah srikaya, karena bijinya sedikit beracun.

Buah srikaya mengandung kalori tinggi dan gula alami, sehingga buah ini aman untuk dikonsumsi sehari-hari menjadi makanan ringan yang sehat dan bergizi. Banyak cara dalam mengkonsumsi buah srikaya, bisa untuk makanan pencuci mulut ataupun dimakan secara langsung. Perlu Anda ketahui bahwa buah ini sangat banyak manfaatnya, ingin tahu apa saja manfaat buah srikaya untuk kesehatan ? Berikut adalah beberapa manfaatnya :

Mecegah Asma

Buah srikaya memiliki jumlah vitamin B6 tinggi yang mampu untuk mengurangi peradangan bronkial. Hal inilah yang dapat mencegah serangan Asma.

Mencegah Serangan Jantung

Banyak orang membiasakan hidupnya dengan mengkonsumsi makanan cepat saji, padahal kebiasaan ini membuat hidup Anda tidak sehat yang mengakibatkan penyakit kardiovoskular (Penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah). Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan untuk melindungi tubuh agar tetap sehat. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan alami seperti buah srikaya. Selain banyak mengandung vitamin B6, buah srikaya juga memiliki kandungan magnesium yang dapat melindungi jantung dari serangan jantung.

Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang bisa mematikan seseorang. Namun ada alternatif lain yang bisa mencegah penyakit ini, salah satunya dengan mengkonsumsi buah srikaya. Karena serat pada srikaya mampu membantu menyerap kadar gula, sehingga dapat mengurangi resiko diabetes tipe II.

Srikaya juga mengandung vitamin C yang dapat mengatur kadar gula darah. Ada juga kandungan magnesium dan kalium yang membantu produksi insulin untuk mengatur kadar glukosa. Oleh karena itulah mengapa buah srikaya bagus untuk dikonsumsi, karena memang bagus untuk mencegah penyakit diabetes.

Membantu Pencernaan

Buah srikaya sangat efektif dalam mengobati gangguan pencernaan. Karena srikaya banyak mengandung serat yang mampu meringankan perut mulas dan juga sembelit. Selain itu, buah srikaya juga bisa dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk, lalu dicampur air untuk dikonsumsi sebagai obat unyuk menyembuhkan disentri dan diare.

Mengurangi Kolesterol

Buah srikaya bukan hanya memiliki kandungan serat, namun juga niacin yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Buah srikaya memiliki banyak kandungan seperti rasio natrium dan kalium yang seimbang, manfaatnya yaitu untuk mengatur dan juga mengendalikan fluktuasi tekanan darah dalam tubuh.

Membantu Mengobati Anemia

Buah srikaya adalah makanan yang bagus untuk orang yang memiliki penyakit anemia. Karena memiliki banyak kalori, tembaga dan zat besi. Tembaga dan zat besi yang dimiliki buah ini merupakan salah satu unsur hemoglobin yang baik untuk dikonsumsi bagi wanita hamil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi buah srikaya setiap hari membuat ketahanan tubuh lebih baik terhadap agen infeksius ( seperti bakteri, virus, jamur ataupun parasit ). Karena mengandung banyak Vitamin C dengan sifat anti-inflamasi yang membuat tubuh tidak mudah rentan terserang penyakit.

Sumber Energi

Buah srikaya memiliki sumber energi yang membantu melawan lelah dan juga membantu menghilangkan kelemahan otot. Selain sumber energi, buah ini juga memiliki kandungan kalori yang dapat merangsang nafsu makan, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menambah berat badan.

Baik Untuk Penglihatan

Buah srikaya mampu mengatasi masalah penglihatan karena memiliki kandungan vitamin A dan C didalamnya. Selain itu, ada juga kandungan ribovin serta vitamin B2 yang dapat menghancurkan radikal bebas dan bisa mencegah atau mengatasi masalah penglihatan.

Itulah beberapa manfaat buah srikaya yang bisa Anda ketahui. Lindungi kesehatan tubuh Anda dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan disertai makan yang teratur juga rajin berolahraga. Semoga bermanfaat dan Jazaakumullah biikhair :)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel