3 Jenis Durian asli Indonesia


Samharis.com - 3 Jenis Durian asli Indonesia. Durian adalah salah satu buah yang sering dijuluki rajanya buah (King of Fruit). Ciri khas dari durian yaitu pada permukaan kulit dipenuhi dengan duri-duri tajam dan besar-besar. Selain berduri, baunya sangat menyengat. Oleh karena itu, sebagian orang ada yang tidak suka, namun sebagian lagi banyak yang menyukainya. Aromanya akan lebih menyengat lagi ketika buah ini sudah benar-benar matang. Bahkan orang-orang yang menyukainya sangat tergila-gila dengan aroma dan rasa manisnya.

3 Jenis Durian asli Indonesia

Daging pada durian memiliki tekstur yang keras ketika masih mentah. Tetapi saat buah ini matang, maka akan berubah menjadi lembut dan kebanyakan lembek ketika sudah matang. Durian yang sudah matang rasanya manis dan terkadang agak pahit.

Itulah aroma dan bentuk buah durian yang membedakan dengan buah lainnya. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jenis durian yang tersebar hampir diseluruh wilayahnya. Ada ratusan jenis durian lokal dan memiliki  nama-nama yang berbeda. Masing-masing durian tersebut juga memiliki kekurangan dan keunggulannya sendiri. Untuk Anda para pemburu durian, inilah beberapa jenis durian yang perlu Anda ketahui keunggulannya :

Durian Musang King 


Durian Musang King

Durian ini berasal dari seputaran kepulauan Riau dan tanah malaka. Buahnya memiliki aroma yang harum, rasanya manis dan legit juga tekstur yang lembut menjadi buruan pecinta durian didalam maupun luar negeri. Durian musang king seharga Rp.150.000-Rp.200.000 per kg di Singapura dan Malaysia. Durian musang king ini adalah salah satu durian yang layak untuk dikembangkan dan di budi dayakan.

Durian Montong


Durian Montong

Durian ini asli berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Karanganyar Jawa tengah yang dikembangkan di negeri Gajah putih Thailand. Menurut Dr. Endang Yuniastuti, Peneliti Durian dari Universitas 11 Maret menjelaskan bahwa Induk bibit durian ini di ambil dari daerah Matasih - Karanganyar Jawa Tengah dari jenis Durian Sukun, kemudian di kembangkan di Thailand dan menghasilkan durian Montong. Warnanya putih kekuningan, rasanya manis dan memiliki aroma yang sangat menyengat.

Daging buahnya yang tebal, membuat durian ini berbeda dengan jenis durian lainnya. Biji durian montong ini sangat kecil dan keriput. Durian montong memiliki ciri-ciri yaitu durinya yang besar-besar, juga buahnya terlihat sangat menonjol dengan ukuran besar. Bentuknya pun tak beraturan karena bervariasi, ada yang bulat panjang sampai menyerupai persegi.

Durian montong banyak dibudidayakan karena memiliki produktivitas yang tinggi dan cepat berproduksi/berbuah, sehingga durian montong ini kini sudah dikebunkan dan dibudidayakan di Jawa Tengah karena memang Induk dari durian montong berasal dari sini.

Durian Bawor


Durian Bawor

Durian ini berasal dari Banyumas. Bentuk durian bawor hampir mirip dengan durian montong, sehingga disebut montongnya Banyumas. Durian bawor berwarna kuning sampai orange, mempunyai daging yang sangat tebal dengan biji yang kecil. Rasanya manis dan legit, hingga membuat orang yang mencicipinya ketagihan. Salah satu keistimewaan durian ini yaitu tanamannya cepat berbuah, sehingga dalam setahun bisa panen 2-3 kali.

Bagaimana kawan ? Anda pecinta durian ? Segeralah berburu durian durian di atas ^_^

Sungguh menggugah selera bukan?

Jenis durian tersebut merupakan durian asli yang berasal dari Indonesia. Indonesia adalah negeri beriklim tropis yang sangat kaya dengan aneka buahnya, salah satunya berbagai macam varian durian ini. Masih banyak jenis durian yang belum saya tulis dan bahas diatas, ini berarti masih banyak lagi jenis durian lainnya. Saya akan menyambungnya di artikel berikutnya. Sekian &Terima kasih.

Semoga Bermanfaat.

Jazaakumullah biikhair ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel