Apa itu SEO, Arti dan maksud SEO

Samharis.com - Apa itu SEO, Arti dan maksud SEO. Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO adalah istilah dalam dunia internet khususnya dibidang pembuatan website atau blog. Sesuai artinya SEO berarti Optimasi atau usaha yang dilakukan secara maksimal untuk membuat website atau blog nangkring di urutan petama mesin pencari ( Search Engine ) seperti Google, Bing , Yahoo dll.

Apa itu SEO

Berbagai macam tekhnik SEO bermunculan di mesin pencari jika anda mengetikkan kata SEO di Google. Google akan mencarikan Anda web web yang berisi artikel tentang SEO di hadapan anda. Mesin pencari akan mengurutkan web web tersebut dengan kualitas website dan tingkat relevansi website dengan kata yang diketikkan sang pencari informasi.

Dengan Algoritma tertentu mesin pencari akan mengurutkan web web tersebut. Maka sesuaikan web Anda dengan Algoritma tersebut jika ingin website Anda nongol di halaman mesin pencari terutama untuk bisa berada di halaman pertama ( page one ) dengan mempraktekkan tehnik SEO.

Seberapa pentingkah SEO ?

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, banyak orang mencari informasi melalui internet di mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo, selain hemat waktu dan efisien, informasi yang didapat sangat banyak, tetapi Anda harus jeli juga membedakan antara informasi yang riil dan yang hoax. Saat ini Google mendominasi mesin pencari yang ada selain Bing dan Yahoo.

Menurut data Google, mesin pencari seperti Google, Bing , Yahoo dll akan mengurutkan website website yang mempunyai tingkat total klik 50% di urutan pertama sampai ketiga. Untuk bisa menempati peringkat pertama di mesin pencarian, biasanya website harus mempunyai total klik kumulatif lebih dari 20 %. Hal ini menunjukkan SEO merupakan hal penting dalam website Anda.

Jika Anda mempunyai bisnis offline dan ingin meng "online" kan bisnis Anda melalui website, Tehnik SEO sangat penting bagi website Anda. Dengan bantuan tehnik SEO , ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung website bisa Anda dapatkan setiap hari untuk mempromosikan  produk Anda kepada orang orang tersebut. Tehnik SEO merupakan tehnik internet marketing yang memakan biaya kecil dibandingkan pemasaran tehnik tradisional.

Inti dari SEO

Tujuan dari SEO yang utama adalah menjadikan website Anda yang terbaik dan nongkrong di halaman pertama mesin pencari kayak Google dkk untuk keyword ( kata kunci ) yang Anda pilih dan yang anda inginkan. Karena para pencari informasi menginginkan kata kunci yang mereka ketik di mesin pencari bisa relevan dengan website website yang di suguhkan oleh mesin pencari.

Sederhananya pilihlah kata kata yang sekiranya para pencari informasi biasanya mengetikkan kata kata di mesin pencari. Semisal Anda ingin menulis tentang tips merakit komputer sendiri, anda harus melakukan riset kata kunci apakah kata kata tentang " Tips merakit komputer sendiri " itu banyak dicari orang dalam sebulannya. kalau memang banyak yang mencari, buat saja artikel mengenai "Tips merakit komputer sendiri" dan jadikan judul serta sebarkan kata kata itu di artikel yang Anda tulis biar Algoritma mesin pencari bisa bersahabat dengan website Anda.

Kalau anda melakukan itu berarti Anda sudah menerapkan tehnik SEO sederhana, jika Algoritma mesin pencari bisa bersahabat dengan artikel dan website Anda, kemungkinan besar website Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencari jika ada pengguna ( pencari Informasi ) mengetikkan kata kata itu di mesin pencari.

Jadi SEO yang terbaik itu bagaimana?
apakah dari segi konten yang berkualitas?
Struktur dan navigasi template yang baguskah ?
Apa dari penilaian kepuasan pengguna (pengunjung website)
Atau dari segi kepopuleran suatu website?
Di lanjut bacanya yaa...hehe

Apakah website bisa sukses tanpa SEO ?

Anda tidak perlu puyeng memikirkan SEO, dengan hanya memperhatikan konsep dasar SEO saja sudah lebih dari cukup. Kalau anda terlalu memikirkan teknis SEO kapan belajar menulisnya. Banyak dari pengelola website populer yang tidak begitu mengerti SEO, jadi sekali lagi janganlah terlalu pusing dengan SEO, cukup anda mengerti riset kata kunci (keyword) dan membuat kerangka artikel yang terstruktur itu sudah cukup, mendalami SEO nya sambil jalan mengelola website. Karena saat ini mesin pencari sudah pintar membaca struktur halaman kualitas suatu website.

Apa SEO bisa dilakukan sendiri ?

Bisa. Anda bisa melakukan optimasi SEO pada website anda jika website anda hanya bersifat informasi yang tidak terlalu rumit strukturnya. Jika website anda adalah website toko online, web application, maka lebih baik gunakanlah jasa SEO dari orang yang expert di bidangnya. Karena struktur SEO dari kedua jenis website tersebut cukup rumit strukturnya. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan struktur SEO agar lebih ramah terhadap mesin pencari.

Apa saja yang harus di pelajari untuk mengerti SEO ?

Ada beberapa hal yang harus dipelajari untuk bisa mengerti tentang SEO. Hal ini penting agar website bisa berada di halaman utama mesin pencari. Di antaranya adalah :

  • Optimasi halaman website
  • Cara riset keyword ( kata Kunci )
  • Melakukan analisa terhadap tingkat persaingan suatu website
  • Membuat konten yang berkualitas dan teroptimasi
  • Membangun link dan personal branding
  • Melakukan pengecekan terhadap performa SEO

Bagaimana sobat? semoga bisa dimengerti yaa ^_^

Ok sobat, demikian share singkat artikel tentang konsep dasar SEO, arti dan maksud SEO. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi sobat tentang pemahaman SEO. Semoga Sukses untuk sobat semua.

Salam Hangat dan Tetap Semangat Kawan ^_^

*Disarikan dari panduan im

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel