Cara Membuat Artikel SEO Terbaru di Blogger

Samharis.com - Cara Membuat Artikel SEO Terbaru di Blogger. Search Engine Optimization atau SEO adalah istilah yang biasa di gunakan para blogger untuk mengoptimasi artikel/blog nya agar bisa bersaing di halaman awal mesin pencari. Tehnik dan penyusunan kalimat yang digunakan mempunyai pengaruh yang penting agar artikel/blog yang di optimasi bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google.
Bahasa dan struktur kalimat yang benar memudahkan mesin pencari membaca dan menemukan artikel kita.

Cara Membuat Artikel SEO Terbaru di Blogger

Untuk mengoptimasi artikel kita di Blogger, kita harus mengecek dan melakukannya secara manual. Berbeda dengan Wordpress (WP) yang bisa menggunakan plugin (alat bantu) seperti YOAST untuk mengecek apakah artikel yang sobat buat sudah benar menurut kaidah SEO nya.

Menulis secara benar memang memerlukan pengetahuan yang mumpuni tentang apa yang akan kita tulis, maka dari itu rajin rajinlah membaca ataupun terjun langsung mendalami tentang masalah apa yang akan kita bahas, agar kita berpengalaman dan mengetahui mengenai masalah tersebut.Apabila kita mengalaminya langsung, maka otomatis akan mudah bagi kita untuk menceritakannya dalam tulisan.

Berikut langkah langkah yang bisa sobat coba untuk membuat artikel SEO :

Pilihlah Judul Artikel yang Tepat

Untuk memilih judul yang tepat sobat bisa melakukan riset kecil kecilan dulu menggunakan Keywordtool.io atau Ubbersuggest milik Neilpatel.com. Ketikkan judul atau hal yang akan sobat buat artikelnya.
Contoh : Sobat ingin membuat artikel tentang " Manfaat Serai "

  • Masuk ke website neilpatel.com
  • Ubah bahasa/ Negara tujuan target misal menjadi Bahasa Indonesia
  • Selanjutnya anda akan disajikan data data mengenai " Manfaat Serai"
  • Pilih judul yang sesuai dengan artikel yang akan sobat buat yang mengacu pada data yang sudah disuguhkan ubbersuggest semisal " Manfaat Serai untuk Rhematik", letakkan kalimat utama (kata kuncinya) yaitu " Manfaat Serai" di depan kalimat "untuk Rhematik"
  • Saran saya pilih cpc (cost per click) nya besar dan tingkat persaingan easy (mudah) serta banyak pencarinya.

neilpatel (ubbersuggest)

Kenapa harus riset dulu? 

Karena sebagus apapun artikelnya, jika tidak ada yang mencari tentang info pada artikel tersebut maka akan sia sia anda membuat artikel karena tidak ada yang mencari tentang info tersebut. Sudah paham to kenapa harus riset dulu...^_^

Buatlah Kerangka Artikel Dulu

Fungsi dari membuat kerangka artikel ini adalah agar sobat tidak menyimpang dari topik yang akan sobat tulis. Cara ini memudahkan kita menyusun setiap paragraf yang akan kita buat. Berikut contoh membuat kerangka artikel :

  • Pengertian
  • Penjelasan tahap awal (cerita awal)
  • Isi masalah (topik)
  • Solusi
  • Kesimpulan

Buatlah serapi mungkin agar pembaca tidak kebingungan membaca artikel yang sobat buat dan nyaman membacanya, mesin pencari pun tidak mengalami kesulitan membaca struktur kalimat artikel yang sobat buat.

Menyusun kalimat yang Baik disetiap Paragraf

Dalam kalimat menyusun kalimat dalam setiap paragraf, lebih baik jangan terlalu panjang dan terlalu pendek, sedang sedang saja agar pembaca juga tidak bosan dengan satu paragraf. Buatlah kurang lebih 20 kalimat dalam setiap paragraf supaya mesin pencari bisa membaca struktur kalimat tersebut.

Jangan pernah lepas dari topik artikel yang sobat buat, perbanyak kosakata yang berhubungan dengan artikel sobat disetiap kalimat, kalimat penjelasan yang mendetail juga lebih baik. Cek setiap paragraf sebelum mempublish artikel. Perbaiki kata dan kalimat yang belum baku.

Buatlah Internal Link yang Relevan (Sesuai)

Pembuatan internal link ini bertujuan supaya pengunjung betah dengan konten konten dan artikel yang kita sajikan dan  tetap berada di blog kita untuk membaca artikel lainnya yang masih berhubungan dengan info yang dicari pengunjung. 

Buatlah 3-5 internal link dalam sebuah artikel yang masih berhubungan dan relevan dengan artikel yang pengunjung baca. Sebagai contoh, jika artikel membahas tentang tanaman herbal, maka internall link yang kita pasang juga tentang tanaman herbal lainnya. Jika pemasangan interal link tidak sesuai maka akan berpengaruh pada nilai SEO artikel tersebut. Mesin pencari akan sulit membaca struktur yang ada dalam artikel tersebut karena pembahasannya yang membias kemana mana.

Jumlah Kata Dalam Satu Artikel

Sebenarnya tidak ada batasan harus berapa kata dalam satu artikel supaya artikel tersebut memenuhi syarat SEO. Mesin pencari seperti Google menyukai kalimat yang terstruktur dengan baik dan tidak diulang ulang. Google juga bisa membaca jika ada paragraf yang sama atau dobel.

Jadi jika sobat hanya membuat artikel dengan panjang kata hanya 300 kata tetapi mempunyai struktur kalimat yang baik dan terstruktur maka artikel sobat punya peluang untuk bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Membuat artikel dengan 500 kata atau lebih sangat disarankan karena peluang untuk menambah kosakata dalam menjelaskan tentang sesuatu hal akan lebih terstruktur dan mendetail. Karena hal itu lebih disukai mesin pencari. Tetapi jangan lantas mengejar panjang kata lalu copas sana sini yaa.

Artikel Original

Apa maksud dengan artikel original? Artikel original adalah artikel  hasil tulisan sendiri tentang pengalaman sobat tentang suatu hal, tentang skill dan kemampuan sobat dalam bidang tertentu seperti memasak, fotografer, desain dll yang sobat tuangkan dalam bentuk tulisan atau tutorial.

Menulis tentang sesuatu yang kita sukai seperti hobi dan pengalaman sehari hari akan lebih mudah, karena kita sendiri yang mengalaminya, jadi menulis akan seperti mengalir dengan sendirinya. 

Gaya bahasa dan cara penulisan setiap orang pasti berbeda, jika kita sudah biasa menulis dengan gaya bahasa kita sendiri, tanpa mengecek plagiat atau tidaknya pun pasti artikel kita bisa langsung di publish. Sekali lagi hindari copy paste artikel orang lain. 

Daftar ke Webmaster Tool

Setelah artikel selesai dan sudah sobat cek semua, jangan lupa untuk mensubmit/mendaftarkan artikel tersebut agar terindex oleh Google ke Webmaster Tool (Google Search Console). Kalau anda ingin mendaftarkan url artikel tersebut agar terindex oleh Google, maka sobat bisa masuk DISINI

Ok sobat, Demikian ulasan dan share tentang Cara Membuat Artikel SEO Terbaru di Blogger yang agak panjang ini, semoga bermanfaat dan Selamat Berkarya Membangun Blog sobat.

Semoga Sukses

Salam Hangat dan tetap Semangat Kawan ^_^





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel