Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan

Samharis.com - Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan. Membuat dan membangun blog dari awal sampai menghasilkan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, tidak seperti yang dibayangkan, mengelola sebuah bog membutuhkan konsistensi dan semangat yang pantang menyerah, apalagi dalam hal update artikel baru.

Membuat artikel adalah kegiatan yang menjenuhkan bagi orang yang tidak suka atau hobi dalam menulis. Disinilah tantangannya, karena membuat artikel dan menulis adalah sesuatu yang harus disukai terlebih dahulu, baru setelah itu kegiatan menulis artikel akan menjadi sesuatu yang menyenangkan, ibarat kata pepatah jawa "benih cinta datang karena terbiasa".

Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan

Dalam menyajikan artikel, usahakanlah artikel tersebut bermanfaat bagi para pembaca. Jangan asal copas dan publish artikel. Fokuslah sama kualitas artikel yang sobat buat dan enak dibaca. Abaikan dulu tehnik SEO bagi yang baru mulai belajar membuat blog, fokus sama pembuatan artikel yang enak dibaca dulu susunan kalimatnya.

Jika blog sobat sudah menghasilkan, sobat bisa menjadi fulltime blogger dirumah, yang artinya ruang lingkup kerja sobat cukup dirumah dan didepan laptop sobat. Sobat cukup fokus mengembangkan blog agar terus banyak pengunjung dan bermanfaat bagi sesama. Menyenangkan bukan jika bisa punya banyak waktu buat keluarga ??? ^_^

Berikut ini tahapan dalam membuat blog di platform blogger dari awal sampai menghasilkan :
  • Buat email di gmail, karena blogger.com milik Google
  • Masuk di www.blogger.com
  • Pilih dan Klik icon Create your blog
         Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan

  • Masuk ke akun gmail yang sudah sobat buat tadi
  • Setelah itu sobat isi Judul blog, memilih nama alamat blog sobat (domain), pilih template/theme sesuai selera sobat
      Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan

Cara Membuat Artikel di Blog
  • Masuk di akun blogger sobat
  • Pilih icon Post/Pos di sebelah kiri dashboard, lalu klik icon Entri baru

  • Membuat judul artikel/postingan yang akan sobat buat, judul artikel harus relevan atau nyambung dengan isi artikel
  • Buatlah artikel dengan tulisan sendiri, minimal 300 kata, lebih panjang dan detail lebih baik
  • Buat Label untuk mengelompokkan artikel berdasarkan kategorinya
  • Isi search description/ deskripsi penelusuran dengan 2 paragraf pertama dari artikel sobat atau kata kata yang banyak dicari netizen yang relevan dengan artikel sobat (ini opsional)
  • Beri gambar yang sesuai dengan artikel. Menu insert gambar ada di deretan menu di atas kolom pembuatan artikel.
  • Beri link pada artikel jika sobat ingin memasukkan link pada blog lain ( ini disebut link eksternal), menu juga di atas kolom penulisan artikel
  • Beri internal link ( link yang mengarah pada artikel sobat yang lain dimana artikel yang dikasih link tersebut masih berhubungan topiknya dengan artikel yang soabt buat)

Cara Mengedit Template Blog yang Menarik

Sebelum merubah template bawaan dari blogger, alangkah baiknya sobat memilih template yang bagus dan SEO friendly, jangan asal download template lalu menggunakannya, karena template juga ada tehnik SEOnya yang berpengaruh pada persaingan artikel yang anda buat di mesin pencari seperti Google, Bing ataupun Yahoo. Saya menyarankan sobat untuk membeli template premium karena template premium sudah dioptimalkan SEO nya oleh sang pembuat template. Untuk membeli template saya menyarankan untuk membeli di mas sugeng di sugeng.id, kompiajaib.com atau arlina design. Untuk saat ini harga berkisar 200 ribuan.

Jika sudah mendapatkan template, anda bisa memasangnya dan memulai editing template yang baik dan menarik di blog sobat. Klik icon Tata Letak untuk mulai mengatur popular post, recent post, Favicon (logo blog) dll.

Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan

Biasanya untuk merubah template bawaan  dari blogger ke template baru akan membuat blogger pemula merasa kebingungan karena akan dihadapkan dengan kode kode bahasa pemrograman HTML (Hypertext Mark up Languange). Tetapi hal itu bisa diatasi, sobat bisa membaca artikel tentang itu disini.

Jika semua persiapan sudah selesai, sobat tinggal fokus membuat artikel. Buatlah artikel sebanyak banyaknya minimal satu artikel sehari jika sobat punya kesibukan lain atau masih bekerja di tempat lain.

Setelah artikel selesai dibuat, jangan lupa untuk mendaftarkan artikel tersebut ke google webmaster tool/ google search console. Sobat tinggal ketik di kolom pencarian google kata webmaster tool. lalu sobat tinggal masuk di webmaster tool tersebut, fungsi dari anda mendaftarkan artikel sobat adalah artikel tersebut bisa terindex oleh mesin pencari dan ditampilkan dihalaman mesin pencari. Karena akan percuma jika sobat membuat artikel yang bagus tapi tidak terindeks oleh mesin pencari, "musproh" (sia sia) kalau dalam bahasa jawanya ^_^

Mendaftar di Google Adsense

Google Adsense adalah media periklanan yang dikelola oleh Google, Google menawarkan kerjasama bagi pemilik sebuah situs untuk bisa menayangkan iklan. Jika sebuah website bisa diterima oleh Google Adsense maka website tersebut bisa menjadi media partner Google untuk menayangkan iklan di websitennya masing masing. inilah sumber pendapatan dan harapan bagi pengelola sebuah website untuk bisa diterima sebagai media partner Google.

Untuk mendaftar di Google Adsense, banyaknya artikel dan kualitasnya di sebuah website sangat mempengaruhi, selain itu umur bog/web juga berpengaruh diterima tidaknya di Google Adsense. Biasanya 3-6 bulan baru bisa didaftarkan. Tapi ini tidak bisa menjadi patokan, ada web/blog yang hanya punya 10-20 artikel dan baru dibuat bisa diterima Google Adsense.

Cara Membuat Blog dari Awal sampai Menghasilkan

Bagaiman sobat? cukup mudah bukan untuk dipahami? Jika sudah paham, saran saya segeralah bangun website/blog pertama anda. Memang di awal awal rada berat karena harus buat artikel yang berkualitas dan original. tapi jika artikel sobat sudah banyak, akan mempermudah untuk membangun dan mengembangkannya. Jika sobat sudah terbiasa menulis, hal itu bukanlah masalah yang berarti. Mungkin panduan diatas masih belum lengkap dan masih banyak kekurangan, tetapi akan saya sambung di artikel artikel selanjutnya. Terus Semangat Sobat.

Salam Blogger Indonesia,

Salam Hangat dan tetap Semangat Kawan ^_^


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel