Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Samharis.com - Manfaat Jahe untuk Kesehatan. Jahe termasuk tanaman rimpang atau Rhizoma tropis. Pada umumnya jahe kita ketahui sebagai bumbu dapur dan bahan untuk pembuatan jamu. Sering kali tumbuhan ini juga dikonsumsi sebagai minuman yang menghangatkan badan ketika badan meriang atau habis terkena air hujan (hujan hujanan). Saat ini barang-barang sudah di produksi serba instan, termasuk jahe ini. banyak sekali  jahe instan (bubuk) yang dijual dipasar. Bukan hanya itu, minuman bubuk jahe sachet pun banyak yang dijual dipasaran dan biasanya sudah mengandung tambahan gula.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Kalau anda masih suka berburu jahe segar di pasar pasar tradisional daripada jahe instan, anda harus tahu ciri ciri jahe yang segar. Ciri ciri  jahe yang segar adalah memiliki kulit yang mulus, berdaging tebal dan ketika dicium, aromanya kuat semerbak. Jahe segar memiliki rasa lebih kuat dibandingkan dengan jahe bubuk. Kandungan gingerol  banyak terdapat pada jahe yang berguna untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat jahe untuk kesehatan :

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jahe dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga bisa mencegah dari gangguan masalah pencernaan seperti sakit perut. Apabila jahe ditambahkan dalam makanan, maka dapat digunakan sebagai pengawet alami yang dapat mencegah Anda dari keracunan akibat bakteri.

Mengatasi Mual dan Muntah

Salah satu manfaat jahe adalah untuk mencegah mual maupun muntah. Karena rasa pedas dan hangat pada jahe itulah yang membantu mengurangi rasa mual dan muntah pada perut.

Melegakan Tenggorokan

Ketika Anda mengkonsumsi jahe, maka akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Terutama apabila tenggorokan Anda gatal karena mengalami penyakit pernapasan.

Mengurangi Peradangan

Ketika Anda mengalami wajah bengkak dan juga kulit kemerahan entah karena kesehatan yang buruk atau salah makan. Jahe bisa mengatasi hal semacam itu, karena jahe juga berfungsi sebagai anti inflamasi, bahkan anti bakteri dalam tubuh.

Menyembuhkan Alergi pada Tubuh

Alergi biasa disebabkan oleh makanan, hewan, ataupun udara. Efeknya bisa menimbulkan alergi yang dapat menimbulkan jenis penyakit lain seperti gatal, peradangan dan efek lainnya. Oleh karena itu, banyak banyaklah mengkonsumsi jahe karena dengan mengkonsumsi jahe dapat mengatasi Alergi pada tubuh, sebab jahe memiliki senyawa yang dapat membantu mengatasi jenis alergi yang ada dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan. Masih banyak lagi manfaat lain selain yang saya sebutkan diatas. Untuk itu rajin-rajinlah mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan alami yang ada disekitar kita. Yukk hindari cara yang instan, beralihlah pada yang alami.

Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel