Perbedaan Karakter dan Kepribadian

Samharis.com - Perbedaan Karakter dan Kepribadian. Seringkali masyarakat menyamakan antara pengertian karakter dan kepribadian, padahal defnisi keduanya berbeda. Karakter adalah penilaian subyektif terhadap seseorang yang berhubungan dengan kepribadian seseorang, apakah kepribadian tersebut bisa atau tidak bisa diterima dalam masyarakat. Pembinaan karakter yang baik adalah jawaban untuk membentuk kehidupan masyarakat yang baik dan kondusif.

Perbedaan Karakter dan Kepribadian

Manusia membawa kepribadian atau personality saat awal dilahirkan. Kepribadian manusia berbeda satu sama lain, mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing dalam kehidupan pribadi ataupun kehidupan sosial. Secara umum kepribadian manusia di bagi menjadi 4 macam yaitu Koleris, Sanguin, Plegmatis dan Melankolis.

Lalu dimana karakternya??? Karakter terbentuk saat manusia belajar untuk memperbaiki kelemahannya. Sebagai contoh, seseorang yang berkepribadian Koleris yang bercirikan keras kepala dan tidak peka terhadap perasaan orang lain mulai belajar untuk bisa menerima pendapat orang lain dan belajar untuk lebih memahami orang lain.

Lalu sebagai contoh lagi, seseorang yang berkepribadian Sanguin yang mempunyai ciri selalu bercanda dan terkesan tidak serius, kemudian sadar dan belajar untuk membawa dirinya lebih serius dalam bersikap dalam situasi yang seharusnya membutuhkan keseriusan dan ketenangan dalam bersikap dan belajar fokus dalam menyikapi suatu permasalahan. Itulah yang di namakan karakter. Jadi karakter muncul dan terbentuk dari keinginan pribadi seseorang untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Sebagai tambahan berikut penjelasan dari 4 macam kepribadian secara umum :

Koleris 

Mempunyai ciri tegas dalam bersikap, berorientasi dan fokus terhadap tujuannya, cepat dalam menentukan tindakan, menyukai tantangan dan biasanya cepat dalam menyelesaikan tugas meski sulit sekalipun. Kedisiplinan dan sikap cepat dalam menentukan tindakan serta fokus pada tujuan membuat mereka berpotensi menjadi pimpinan yang baik. Namun hal itu akan membuat mereka jadi workaholic atau gila kerja, keras kepala dan tidak peka terhadap perasaan orang lain. Mereka membutuhkan penghargaan dan kesetiaan dari orang orang disekitarnya terhadap kemampuan mereka.

Sanguin

Mempunyai ciri sikap ramah, enerjik dan selalu kelihatan ceria serta suka memotivasi orang lain. Mereka dapat dengan mudah berteman dengan orang lain karena suka memulai pembicaraan terlebih dahulu, bersikap optimis karena itu memang ciri mereka suka memotivasi orang lain. Namun mereka sangat sensitif terhadap apa yang orang lain pikirkan terhadap mereka, mereka emosional dan tidak memiliki pola yang teratur dalm melakukan aktifitas. Mereka mempunyai kecendrungan mencari perhatian, kasih sayang, dukungan serta pengakuan terhadap dirinya dari orang orang disekitar mereka.

Plegmatis

Mempunyai ciri pembawaan sikap yang sederhana, merasa cukup dengan apa yang dimiliki, mencari ketenangan dan kedamain dengan lebih banyak diam, tidak mudah dalam bergaul dengan orang banyak meski mereka suka berkumpul dengan banyak orang. Mereka mampu menyeimbangkan diri mereka dengan orang orang disekitarnya.
Mereka kelihatannya lebih lamban, tapi bukan berarti mereka tidak sepintar dan setangkas dengan orang lain, itu disebabkan karena mereka mempunyai pembawaan dan kontrol diri yang baik serta waspada terhadap lingkungan sekitarnya, mereka mampu mengatakan sesuatu hal yang tepat disaat yang tepat.
Mereka butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan suatu perubahan dan cenderung menghindari resiko dan tantangan. Meskipun mereka cenderung menghindar dari tekanan masalah yang membebani dirinya, namun mereka dapat menyelesaikan tugas dibawah tekanan. Namun begitu mereka adalah seorang individu yang setia dan selalu menghormati keluarganya dan selalu siap menolong orang yang membutuhkan pertolongan.

Melankolis

Mempunyai ciri sikap pendiam, pemikir dan perfeksionis (sikap yang menginginkan kesempurnaan dalam segala hal). Karena sifat perfeksionisnya ini mereka mampu mengerjakan tugas secara sistematis, terukur dan tepat waktu. Namun tak jarang pula sifat ini membuat mereka pesimis, kritis dan sering kecewa jika hasil yang mereka inginkan tidak sesuai dengan usaha yang mereka kerjakan.
Mereka biasanya membutuhkan ruang sendiri dan kesunyian untuk memikirkan dan merencanakan sesuatu yang akan mereka kerjakan seperti menulis ataupun membicarakan sesuatu yang ada di pikirannya. Mereka membutuhkan kepekaan dan dukungan dari orang orang disekitarnya.

Jangan membandingkan 4 tipe kepribadian di atas, tidak ada yang yang lebih baik di antara 4 tipe kepribadian itu, bisa saja seseorang mempunyai semua ciri dari 4 ciri kepribadian diatas, namun pasti ada satu yang menonjol dari ke empat ciri tersebut.

Perbedaan Karakter dan Kepribadian

Banyak manfaat  mengetahui tipe kepribadian seseorang, dengan kita mengetahui ciri kepribadian seseorang, diharapkan kita bisa lebih mengetahui cara bergaul dengannya. Ini berlaku juga buat kita jika sebagai orang tua, kita bisa memahami dan mengarahkan anak anak kita dengan mengetahui ciri ciri kepribadian di atas.

Demikian share artikel Perbedaan Karakter dan Kepribadian yang rada panjang ini, semoga anda tidak bosan membacanya... ^_^
Semoga bermanfaat dan jadi pengetahuan kita bersama.

Salam Hangat dan Tetap Semangat Kawan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel