5 Bisnis Sampingan yang Dapat Ditekuni

Samharis.com - 5 Bisnis Sampingan yang Dapat Ditekuni. Memulai bisnis sendiri adalah suatu impian bagi banyak orang. Apabila Anda ingin memulai bisnis sendiri, maka bersiaplah dengan segala risiko yang ada. Selain itu, Anda juga harus mempunyai banyak modal untuk mencukupi semua kebutuhan memulai suatu bisnis.

Bisnis Sampingan yang Dapat Ditekuni

Bisnis sampingan yang ulet ditekuni akan mendapatkan hasil yang bisa melampaui penghasilan dari pekerjaan utama. Walau hanya dengan modal yang kecil, apabila Anda bersungguh-sungguh untuk menekuni suatu bisnis tersebut, maka hasilnya pun cukup banyak. Memang awalnya terasa pahit, tetapi jika tidak Anda coba maka tak akan tahu bagaimana hasilnya. Berikut adalah beberapa bisnis sampingan yang dapat Anda lakukan :

1. Berjualan Makanan

Menjual makanan sering kali dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan, banyak juga yang menjadikan berjualan makanan sebagai pekerjaan utama karena penghasilannya juga cukup memuaskan. Jika Anda bingung tentang apa yang harus dijual, maka hal yang paling mudah adalah menjual makanan yang Anda sukai terlebih dahulu. Untuk awal, Anda bisa coba tawarkan kepada tetangga atau teman-teman Anda, minta pendapat mereka tentang makanan yang akan Anda jual, apabila ada kekurangan coba diperbaiki sampai semuanya lebih baik.

2. Membuka Warung Kopi 

Kopi adalah salah satu minuman yang cukup digemari oleh banyak orang. Teras depan rumah Anda bisa dijadikan warung kopi kecil-kecilan. Agar lebih banyak diminati, cobalah ditambah dengan adanya wifi, karena anak zaman sekarang pasti betah diwarung apabila diwarung tersebut terdapat free wifi. Dengan begitu, siapa tahu warung kopi anda dapat berkembang dan menarik banyak pelanggan.

3. Membuka Jasa Laundry

Apabila Anda mempunyai mesin cuci, maka bisa Anda manfaatkan mesin cuci tersebut dengan membuka jasa laundry didaerah sekitar Anda. Untuk langkah awal bisa Anda promosikan terlebih dahulu kepada tetangga atau teman terdekat Anda, jika banyak yang minat bisa Anda pasang plang atau banner untuk menunjukkan bahwa Anda telah membuka jasa laundry. Agar dapat menarik peminat pelanggan, usahakan harga jasa laundry ditempat Anda lebih murah dari jasa laundry lainnya. Apabila sudah banyak pelanggan, bisa Anda tekuni hingga penghasilnya cukup memuaskan walau hasil pendapatannya sedikit.

4. Membuka Jasa Fotografi

Apabila Anda mempunyai kamera, pasti kamera tersebut tidak akan Anda pakai setiap hari. Mungkin akan dipakai ketika Anda bepergian saja. Oleh karena itu, daripada kamera Anda tidak terpakai, bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan tambahan uang. Langkah awal bisa Anda umumkan kepada semua orang. Bisa melalui sosial media atau secara langsung bahwa Anda akan membuka jasa fotografi untuk berbagai acara seperti acara ulang tahun, wisuda, hunting dan acara lainnya apabila keahlian fotografi Anda lumayan bagus.

5. Jasa pembuatan Buket Bunga

Apabila Anda mempunyai keahlian dalam berbagai bentuk kreatifitas pembuatan buket bunga, Anda bisa membuka jasa pembuatan buket bunga dengan berbagai macam permintaan. Karena orang pasti banyak mencari hadiah spesial bagi orang tersayang dihari bahagianya. Anda bisa mempromosikannya kepada teman teman anda serta ke banyak orang bahwa Anda menerima pesanan buket bunga untuk acara ulang tahun, wisuda, pernikahan dll.

Itulah beberapa bisnis sampingan yang dapat ditekuni. Pada dasarnya, kegiatan apapun banyak yang menghasilkan uang asalkan ada kemauan dari diri sendiri. Tetap tekuni apa yang menjadi kesenangan Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel