5 Cara Bisnis Online di Rumah, Patut di Coba

Samharis.com - 5 Cara Bisnis Online di Rumah. Bisnis jual beli online saat ini memang berkembang pesat, karena banyak orang yang beranggapan bahwa jual beli online lebih mudah. Berbagai macam produk dapat dijual dan dibeli secara online. Salah satu contoh bisnis online yang paling berkembang saat ini yaitu bisnis online baju atau pakaian.

5 Cara Bisnis Online di Rumah, Patut di Coba

Dalam bisnis jual beli online, bukan hanya produk pakaian saja yang berkembang pesat, ada juga produk-produk lain seperti makanan, alat make-up dan kebutuhan lainnya. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis online, maka langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah harus benar-benar niat dan menekuni bisnis tersebut. 

Berikut adalah beberapa cara bisnis online, diantaranya :

1. Menentukan Konsep dan Fokus pada Kategori Produk

Langkah pertama saat Anda ingin berbisnis online yaitu harus memiliki rencana terlebih dahulu. Saat rencana sudah tersusun rapi, maka selanjutnya tentukan target pasar dan produk apa yang akan Anda jual belikan. Dalam menentukan produk, bisa Anda lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa saja yang saat ini banyak dibutuhkan oleh banyak orang. kemudian tentukan salah satu produk tersebut yang ingin Anda kembangkan kedepannya.

Target pasar harus benar-benar dilakukan secara maksimal. Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang mereka butuhkan, maka dengan mudahnya Anda dapat memilih produk produk untuk dimasukkan ke dalam katalog toko online Anda. Kalau masih pemula, silahkan untuk fokus pada satu produk terlebih dahulu agar pembeli tidak bingung dan mudah untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

2. Cari Keunikan, Inovasi dan Kreativitas 

Dengan semakin berkembangnya bisnis online, maka persaingan juga semakin ketat. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar kreatif dalam menjajakan produk Anda tersebut agar tidak kalah bersaing dengan produk yang lain. Jika banyak beragam keunikan pada produk Anda, maka konsumen akan merasa senang dan puas. Hal tersebut merupakan kelebihan yang harus Anda perhatikan dalam berbisnis online. Walaupun Anda masih pemula, terus tingkatkan kreativitas dalam berbisnis online agar mampu bersaing dengan pebisnis lainnya.

3. Temukan Target Pasar dan Pemasok Produk yang Tepat 

Menemukan target pasar yang tepat adalah dengan menjual barang dagangan kepada orang yang tepat dan benar benar membutuhkannya. Carilah target pasar tersebut dengan sedikit riset tentang dimana saja para konsumen barang tersebut berkumpul, mereka menggunakan aplikasi medsos apa saja, ataupun dengan mencari tahu kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan.

Ketika Anda sudah menemukan target pasar yang tepat, maka mulailah mencari produk yang pas untuk diperjual belikan, selanjutnya carilah suplier yang memiliki produk-produk berkualitas dan terpercaya. Anda bisa melakukan kerjasana dengan beberapa suplier handal untuk memilih suplier mana yang baik untuk rekan bisnis Anda seterusnya.

Ada dua macam pilihan dalam bisnis online shop untuk mendapatkan suplier yaitu sistem reseller dan dropshipper. Reseller disini artinya Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu untuk membeli dan meyediakan produk dagangan. Saat produk sudah tersedia, Anda dapat menjualnya kembali pada konsumen dengan harga yang bisa Anda tentukan sendiri untuk mendapatkan laba.

Beda lagi dengan dropshipper yang tidak membutuhkan modal apapun, hanya butuh paket data internet agar selalu online untuk mempromosikan produk dari suplier. Jadi Anda disini hanya sebagai tenaga pemasar yang ketika ada pelanggan order, maka suplier yang akan mempersiapkan dan mengirim produknya kepada pelanggan tersebut atas nama Anda. Tentu sebelumnya sudah ada ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama.

4. Memberi Informasi Kontak yang Jelas

Nomor kontak sangat penting dalam berbisnis online, karena itu merupakan salah satu jalan untuk menghubungkan Anda dengan pelanggan ketika pelanggan ingin bertanya dan membeli produk yang Anda pasarkan. Pasang nomor kontak dengan jelas entah itu melalui medsos, online chatting, facebook, instagram, messeger, line atau aplikasi lainnya.

Saat nomor kontak sudah jelas, maka berikan respon yang baik dan cepat pada calon pelanggan agar pelanggan terkesan untuk membelinya. Jangan sampai Anda telat merespon atau tidak sopan kepada calon pelanggan, karena itu akan membuat para pelanggan Anda kabur dan itu akan merugikan bisnis Anda sendiri. Terakhir silahkan untuk memberitahukan kepada pelanggan bagaimana cara pengiriman serta pembayarannya agar pelanggan lebih percaya serta memudahkannya dalam bertransaksi.

5. Lakukan Promosi yang Unik

Saat Anda berbisnis online, maka lakukanlah stategi pemasaran yang unik maupun kreatif, jangan sembarangan. Pemasaran yang baik akan berpengaruh pada performa penjualan Anda. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk dan memperkenalkan toko online Anda, bisa dari website toko online sendiri, dari media sosial ataupun platform khusus online shopping seperti facebook, instagram, whatsapp ataupun marketplace lainnya.

Pengenalan produk yang bagus diikuti dengan promosi yang baik akan membuat para calon pelanggan penasaran untuk mencari tahu dan bertanya-tanya, kemudian tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Silahkan promosi dengan sebaik-baiknya.

Itulah beberapa cara bisnis online yang bisa saya share kepada Anda. Silahkan jika ingin berbisnis, niatkan dengan sungguh-sungguh. Jangan takut untuk bersaing karena rejeki sudah ada yang mengaturnya, namun rejeki perlu dijemput bukan ditunggu ya, seperti Anda berusaha untuk memulai berbisnis online. itupun juga langkah untukk menjemput rejeki.

Semoga bermanfaat dan Jazaakumullah biikhair:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel