5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Samharis.com - 5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan. Buah ini berbentuk bulat besar. Pada umumnya buah ini sering kita jumpai ketika ada acara keluarga, kantor, ataupun ngumpul bareng teman. Biasanya sebelum atau telah selesai makan buah ini yang pertama kali muncul dan di hidangkan. yup buah ini adalah Semangka. Karena rasanya yang segar, buah semangka sering di jadikan sebagai salah satu buah untuk pencuci mulut. Buah semangka ini digemari oleh banyak orang, warna daging buahnya yang kemerah-merahan membuat pandangan menyegarkan serasa ingin menyantapnya.


Harga buah semangka tidak terlalu mahal. Apalagi kalau sedang panen raya. Meskipun buah semangka harganya murah, namun ternyata didalamnya mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan air yang menyegarkan dalam semangka membuat orang yang meyantapnya bisa melepas dahaganya.

Berikut adalah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan, diantaranya adalah :


1. Menyehatkan Jantung dan Tulang

Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki kandungan Likopen. Likopen adalah karotenoid yang merupakan jenis antioksidan yang mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Bukan hanya itu, likopen juga melindungi tubuh dari kolesterol. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa likopen sangat baik dalam menjaga kesehatan jatung sekaligus kesehatan tulang.

2. Menghindarkan dari Dehidrasi

Kandungan air yang ada pada semangka membuat orang terhindar dari dehirasi apabila mengkonsumsinya, rasanyapun akan lebih enak daripada air mineral biasa. Kandungan air yang ada pada semangka membuat buah ini disukai oleh kebanyakan penduduk yang tinggal di wilayah yang mempunyai iklim tropis karena cuacanya yang agak panas serta menjadikan buah semangka sebagai buah favorit pada saat musim panas.

3. Mencegah Impoten

Salah satu manfaat buah semangka bagi pria adalah sebagai obat kuat alami. Karena dengan mengkonsumsi buah semangka yang cukup dapat mengobati dan mencegah impoten. Buah semangka memberikan efek yang sama dengan viagra. Buah semangka ini juga tidak menimbulkan efek samping seperti saat seseorang mengkonsumsi obat kuat.

4. Mengontrol Diabetes

Ketika sedang mengkonsumsi buah semangka, ginjal dapat mengubah satu asam yang disebut asam amino L-cittrulline menjadi asam amino lain yaitu amino L-arginine. Manfaat kedua asam amino ini yaitu dapat mengontrol diabetes. Walaupun saat Anda mengkonsumsi buah semangka tidak mendapatkan asam amino yang banyak, namun kandungan senyawa ini dapat bermanfaat untuk diet yang dirancang melawan diabetes.

5. Mengobati Gangguan Ginjal

Kandungan yang dimiliki buah semangka salah satunya adalah potasium, dimana potasium ini dapat membantu dalam membersihkan endapan beracun yang ada pada ginjal. Selain itu manfaat lainnya yaitu dapat membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga dapat mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Ok sobat, jadi tahu kan manfaat buah semangka ? Selain buah yang sangat menyegarkan, manfaat buah semangka juga penting untuk kesehatan. Jadi rajin rajinlah untuk mengkonsumsi buah semangka.

Itulah manfaat buah semangka yang bisa saya bagikan. Mari lindungi tubuh kita dari penyakit yang tidak diinginkan dengan banyak mengkonsumsi buah yang sehat dan alami. Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel