7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Samharis.com - 7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh. Telah jamak kita ketahui bahwa mengkonsumsi kopi menyebabkan Insomnia (susah tidur). Itu sebabnya kopi biasanya di konsumsi untuk mencegah rasa kantuk. Kopi paling enak dikonsumsi di pagi hari yang ditemani dengan pisang goreng. Kopi juga bisa menambah semangat apabila suntuk melanda.

7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Kopi memiliki antioksidan yang lebih banyak dari antioksidan yang dimiliki buah dan sayuran. Kopi akan lebih bermanfaat jika dikonsumsi dengan sedikit gula.

Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang.

Bisa Melawan Kanker

Beberapa penelitian mengatakan bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko dan melawan kanker usus besar, kanker mulut, kanker tenggorokan dan kanker dubur. Hal ini karena kopi banyak mengandung senyawa kimia yang di antaranya adalah Methylpyridinium, senyawa ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang sangat aktif yang berguna untuk melawan kanker. Kopi Espresso mengandung 2-3 kali lipat senyawa anti kanker.

Menghindarkan dari Penyakit Parkinson

Penyakit ini di tandai dengan sulitnya mengawali suatu pergerakan tubuh, tidak teraturnya pergerakan tubuh dan kekakuan otot otot tubuh.Penyakit ini disebabkan karena adanya gangguan pada otak, karena sistem otak manusia yang mengalami kemunduran.

Pria yang mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari yang mengandung kafein akan menurunkan resiko terkena penyakit parkinson hingga 25 persen.

Menurunkan resiko Demensia/ Pikun 

Orang yang minum kopi 3-5 cangkir sehari 65% lebih kecil terkena resiko penyakit Demensia (kepikunan) daripada orang yang minum kopi 2 cangkir sehari atau tidak sama sekali mengkonsumsinya. Karena antioksidan yang dikandung kopi dapat mengurangi demensia vaskular.

Mencegah Depresi

Melansir dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, bahwa orang yang minum kopi 4 cangkir sehari atau lebih memiliki resiko lebih rendah 20% terkena depresi, sedangkan orang yang mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi memiliki 15% resiko lebih rendah mengalami depresi.

Membakar Lemak Tubuh

Kopi akan menambah energi dan semangat anda setelah mengkonsumsinya. Kopi juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan pastinya akan menjaga anda dari rasa lelah dan kantuk.

Memperbaiki Daya Ingat

Penelitian dari John Hopkins University melaporkan bahwa kafein dapat meningkatkan kemampuan otak untuk merekam ingatan jangka panjang serta dapat mengingat banyak hal dengan mengkonsumsi secangkir kopi yang dikonsumsi
setiap hari.

Mengurangi Resiko Diabetes Type 2

Beberapa penelitian mencatat bahwa semakin anda sering mengkonsumsi kopi tanpa gula, maka resiko terkena penyakit Diabetes Type 2 (Kronis/lama) akan semakin kecil.

Dalam jurnal Archieve of Internal Medicine yang di catat oleh penelitian yang dilakukan di Australia tahun 2009 melaporkan bahwa secangkir kopi yang dikonsumsi dapat mengurangi resiko penyakit diabetes type 2 sebesar 7%.

Bagaimana sobat? Banyak manfaatnya juga yaa minuman hitam ini. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya setiap hari yaa  ^_^

Demikian artikel singkat mengenai 7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh yang bisa samharis.com bagikan. Semoga bermanfaat sobat. "Salam Ngopi"

Salam Hangat dan Tetap Semangat Kawan ^_^


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel