7 Tips Lulus Sidang Skripsi, Berani Mencoba ?

Samharis.com - 7 Tips Lulus Sidang Skripsi. Kali ini saya ingin membahas dan share sedikit pengalaman tentang menghadapi sidang skripsi. Tentu saja gelar sarjana banyak diimpikan oleh mahasiswa terutama mahasiswa semester akhir yang kini harus berjuang dengan yang namanya skripsi. Apa yang menjadi keinginan memang harus diperjuangkan, berjuang demi skripsi harus rela bolak-balik perpustakaan, kampus dan juga tempat penelitian. Semua usaha Anda akan terbayar ketika skripsi Anda selesai dan mendapatkan tanda tangan dosen pembimbing (di ACC).

Tips Lulus Sidang Skripsi

Skripsi di ACC bukan akhir dari perjuangan yaa, karena masih ada tahap berikutnya yaitu sidang sarjana atau sidang skripsi. Sebelum sidang skripsi tentunya Anda harus mendaftar terlebih dahulu, lalu menunggu jadwal kapan sidang skripsi Anda akan dilakukan. Nahhh saat jadwal skripsi sudah keluar, disanalah rasa gugup, takut tidak lulus saat sidang akan selalu menghantui pikiran. Namun tidak perlu khawatir bagi Anda yang akan melakukan sidang skripsi, karena dalam artikel ini saya mencoba share pengalaman lulus sidang skipsi kemarin.

Berikut ini beberapa Tips lulus sidang skripsi buat anda tanpa harus merasa cemas maupun kebingungan, sidangpun berjalan dengan lancar dan sukses.

1. Konsultasikan Skripsi Anda Dengan Dosen Pembimbing

Jikalau ACC sudah selesai, maka jangan bangga dulu. Coba diteliti lagi mungkin ada hal penting yang belum Anda pahami dari skripsi tersebut. Entah itu teori ataupun metodenya, bisa Anda konsultasikan lagi kepada dosen pembimbing agar diberi arahan dan masukan.

2. Sering Baca Skripsi Anda

Rajin-rajinlah membaca skripsi Anda, lalu memahami isi dari skrispsi tersebut. Ketika Anda benar-benar mengerti dan paham dari isi skripsi tersebut, Anda tidak akan takut untuk menjawab semua pertanyaan dari dosen penguji. Dan tanya jawab Anda dengan para dosen penguji lainnya pun akan lancar.

3. Buat Daftar Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan Oleh Penguji

Ketika jadwal sidang keluar, tentunya Anda tahu siapa saja dosen yang akan menguji Anda. Maka Anda bisa bertanya pada teman atau kakak kelas Anda yang pernah mendapatkan dosen penguji yang sama dengan Anda. Tanyakan apa saja yang biasanya di uji, agar Anda lebih mempersiapkan jawaban dan mengurangi kegugupan.

4. Tonton Sidang di You Tube atau Hadiri Sidang Sebelumnya

Jika sebelumnya Anda sudah nonton sidang di you tube ataupun pernah menghadiri sidang kakak kelas atau teman Anda sendiri, tentunya Anda sudah mengetahui bagaimana jalannya sidang, dan itu akan sedikit membantu Anda dalam mengantisipasi jalannya sidang yang tidak lancar.

5. Latihan

Cobalah untuk selalu berlatih memaparkan skripsi Anda entah itu didepan teman-teman Anda ataupun di depan cermin, agar Anda benar-benar siap dan sidang berjalan dengan lancar.

6. Makan Makanan Bergizi dan Jangan Begadang

Saat jadwal sidang sudah ditetapkan hari dan tanggalnya, Anda harus benar-benar menjaga pola makan. Makanan bergizi untuk amunisi otak Anda, dan jangan begadang karena akan mengurangi konsentrasi Anda saat menghadapi sidang skripsi nantinya.

7. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Mau berusaha seperti apapun Anda dan bersungguh-sungguh mempersiapkan semuanya. Namun jika tidak berdoa kepada Alloh SWT Sang Maha Kuasa serta tidak meminta doa restu orang tua, tentu sidang tidak akan berjalan lancar dan sukses sesuai harapan Anda. Karena doa bagian dari usaha dan sumber kekuatan anda, sedangkan restu dari orang tua adalah penguat bagi anda, mintalah doa restu mereka untuk senantiasa mendoakan kelancaran sidang skripsi Anda.

Tips Lulus Sidang Skripsi

Itulah beberapa tips lulus sidang skripsi bagi Anda. Percayalah bahwa sidang skripsi itu tidak menyeramkan, Anda pasti bisa melewatinya asal percaya diri. Intinya Anda hanya perlu mempersiapkan mental dan pikiran agar percaya diri saat di tanya oleh penguji, kepercayaan diri merupakan faktor penting bagi Anda bisa menjawab dan menghadapi sidang skrips dengan mudah. Bagi Anda yang akan menghadapi sidang skripsi, selalu senantiasalah untuk menjaga kesehatan, jangan telat makan, jangan rutin begadang, jangan banyak mengeluh, jangan banyak pikiran, jangan mudah menyerah dan tetap semangat :)

Semoga bermanfaat dan Jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel