Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi, Ternyata Obatnya di Sekitar Anda !!!

Samharis.com - Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi. Orang yang mengalami sakit gigi pasti aktifitasnya akan sangat terganggu. Ada ungkapan "lebih baik sakit hati daripada sakit gigi"...hehe...kata-kata itu terdengar cukup logis. Karena saat Anda mengalami sakit gigi, bukan hanya kesulitan untuk makan, namun juga dapat mempengaruhi suasana hati bahkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, rasa sakitnya pun bukan hanya pada gigi namun bisa terasa ke gusi dan juga mulut. Perlu Anda ketahui bahwa cara untuk meredakan sakit gigi bukan hanya menggunakan obat-obatan yang dijual diapotek saja. Ada juga beberapa cara mengatasi sakit gigi secara ampuh dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan didapur, entah itu dengan rempah-rempah ataupun bumbu masakan. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara untuk mengatasi sakit gigi. Caranya sangat mudah sekali, cukup Anda campurkan satu gelas air dengan setengah sendoh teh garam, lalu campuran air tersebut bisa Anda gunakan untuk berkumur-kumur kurang lebih 30 detik,kemudian buang setelah di buat berkumur. Fungsi air garam tersebut sebagai desinfektan alami yang dapat meredakan masalah peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.

2. Menggunakan Minyak Cengkeh

Menurut hasil penelitian, cengkeh kini terbukti dapat digunakan sebagai cara untuk meredakan sakit gigi. Caranya bisa mencampurkan minyak cengkeh dengan satu sendok minyak zaitun, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas (cotton ball) bisa juga dengan cara Anda gigit bola kapas tersebut agar tetap berada digigi yang sakit. Untuk mendapatkan minyak cengkeh bisa Anda temukan di toko bahan makanan ataupun diapotek. Kandungan bahan kimia yang ada pada minyak cengkeh adalah eugenol yang berperan sebagai anti bakteri, antiradang dan juga pereda nyeri. Sehingga minyak cengkeh dipercaya bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi.

3. Menggunakan Bawang Putih

Salah satu cara lainnya untuk meredakan sakit gigi adalah menggunakan bawang putih. Caranya bisa Anda kupas bawang putih terlebih dahulu dengan satu siung bawang putih, kemudian belah menjadi dua bagian. Setelah itu bisa Anda letakkan pada bagian gigi yang yang sakit atau bisa dengan mengunyah bawang putih tersebut. Bawang putih memiliki efek anti bakteri yang berfungsi untuk membantu melawan kuman digigi dan mulut, juga bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi.

4. Kompres Menggunakan Es

Anda juga bisa menggunakan metode kompres untuk mengurangi pembengkakan pada gigi gusi yang bengkak. Caranya dengan melapisi es batu dengan menggunakan handuk atau kain, lalu tempelkan pada pipi yang dekat dengan gigi yang sakit selama 20 menit. Untuk hasil yang maksimal bisa Anda ulangi setiap beberapa jam hingga bengkaknya mulai berkurang.

Agar tidak mengalami sakit gigi, sebaiknya Anda cegah dengan membersihkan gigi secara rutin dengan menggosok gigi Anda setiap hari agar bakteri tidak menempel pada gigi yang berakibat gigi bertambah sakit. Anda bisa mempraktekkan  beberapa cara mengatasi sakit gigi di atas sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel