Hikmah dan Keutamaan Shalat Dhuha

Samharis.com - Hikmah dan Keutamaan Shalat Dhuha. Selain shalat wajib lima waktu yang dilakukan umat Islam, ada banyak shalat sunnah yang bisa dilakukan dengan mudah diantaranya adalah sholat Dhuha. Shalat Dhuha termasuk salah satu sholat sunnah yang dianjurkan. Shalat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu Dhuha, yaitu diantara setelah matahari terbit atau sekitar pukul 8 sampai sebelum tengah hari yaitu sekitar pukul 11 siang.

Hikmah dan Keutamaan Shalat Dhuha

Shalah Dhuha dikerjakan minimal 2 rokaat. Apabila Anda tidak memiliki kegiatan yang cukup padat bisa juga Anda kerjakan shalat Dhuha lebih dari satu kali salam (2 rakaat). Dalam shalat Dhuha ada beberapa surat Al Quran yang bisa dibaca ketika melakukan shalat Ddhuha seperti surat Al-Waqiah, Asy-Syam, Ad-Dhuha, Al-Kafirun, Quraisy dan Al-Ikhlas. Berbahagialah Anda yang rajin shalat dhuha, karena shalat dhuha memiliki banyak keutamaan, diantaranya:

1. Mendapatkan Maghfiroh (Ampunan dosa)

Dijelaskan dalam hadits Rosululloh SAW yang diriwayatkan At Tirmidzi dan Ibnu Majah dijelaskan
Apabila seseorang istiqomah dan membiasakan mengerjakan shalat dhuha, maka akan gugur dosa-dosanya meskipun dosa tersebut sebanyak buih dilautan. Berikut bunyi hadits nya :

من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر

Artinya : " Barang siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan " ( HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah )

2. Dicukupi Kebutuhannya

Shalat dhuha yang dikerjakan oleh seseorang juga dijanjikan oleh Alloh SWT akan tercukupi rezeki dan kebutuhannya. Shalat dhuha adalah shalat yang dilakukan untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Hal tersebut sudah jelas ditunjukan dan tersirat dalam do'a yang dibaca setelah sholat Dhuha. Selain itu Allah SWT juga berjanji kepada semua umat Islam yang rajin melakukan shalat dhuha untuk mencukupi kebutuhannya. Dengan janji tersebut, semata-mata Allah SWT ingin memberikan balasan dan imbalan kepada hambaNya yang telah mengingat dan berdzikir padaNya diwaktu Dhuha.

3. Bernilai Sebagai Sedekah Anggota Tubuh

Mengerjakan shalat dhuha memiliki nilai yang sama dengan nilai amalan seperti keutamaan dalam bersedekah. Sedekah yang dimaksud disini adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh saat seseorang ikhlas mengerjakannya.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌبِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى 

Artinya : " Setiap pagi setiap ruas bagian anggota tubuh kalian ada shodaqohnya, setiap kali tasbih adalah shodaqoh, setiap kali tahmid adalah shodaqoh, setiap kali tahlil adalah shodaqoh, setiap kali takbir adalah shodaqoh, memerintahkan yang ma’ruf adalah shodaqoh, melarang dari yang mungkar adalah shodaqoh, dan mencukupi itu semua adalah sholat 2 rokaat Dhuha "  ( HR. Muslim no. 720 ).

Dalam hadits shohih lain disebutkan bahwa Rosululloh SAW bersabda :

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِي آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلَاثِمِائَةِ مَفْصِلٍ

Artinya : " Sesungguhnya Alloh SWT menciptakan manusia (Bani Adam) terdiri dari 360 persendian " ( HR. Muslim no.1007 )

360 persendian inilah yang dimaksud yang ditebus dengan shodaqoh, dan itu semua bisa digantikan dengan sholat Dhuha.

Demikian share tentang hikmah dan keutamaan shalat dhuha. Semoga kita semua selalu istiqomah dalam mengerjakan amal ibadah, entah itu shalat wajib ataupun sunnah. Bagi yang sudah istiqomah dalam mengerjakan shalat dhuha, semoga semakin ditingkatkan lagi. Dan bagi yang belum pernah melakukan shalat dhuha, semoga dibukakan pintu hatinya untuk mengerjakan shalat dhuha walaupun sehari 2 rokaat. Wallohu a'lamu bishshowab. Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel