Inilah 7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti

Samharis.com - 7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti. Bagi Anda yang gemar makan durian, berbanggalah karena negara Indonesia merupakan salah satu negara dimana durian tumbuh dengan subur. Jadi Anda tidak perlu untuk mencicipi buah durian sampai ke negera lain, karena negara sendiri adalah penghasil buah durian yang tak kalah enak dan legit. Tetapi untuk mencicipi buah durian ini, Anda harus menunggu musim durian berbuah, baru Anda akan menemui pedagang durian dengan mudah dan bisa mencicipinya dengan sepuas hati Anda.

Perlu Anda ketahui ciri-ciri durian yang enak dan matang saat membeli. Entah dipedagang kaki lima ataupun supermarket, agar tidak mengalami kerugian saat membelinya. Saat membeli durian yang kelihatannya enak, belum tentu itu matang. Maka perlu diketahui cara memlilih durian yang tepat dan matang. Sebab kalau belum matang, rasanya tidak akan enak untuk dimakan. Ingin tahu cara memilih durian yang enak, silahkan simak artikel ini sampai selesai yaaa...!!

Berikut 7 cara memilih durian yang enak dan manis :

1. Warna Tidak Terlalu Penting



Saat memilih durian pertama kali jangan terlalu fokus pada warna buah duriannya. Warna pada buah durian belum tentu menentukan kelezatan dan kenikmatan isi didalamnya. Durian yang biasa ditemui yaitu ada 3 warna: kuning, hijau dan cokelat. Jangan pernah berpikir bahwa kulit durian yang berwarna hijau isinya mentah, dan yang berkulit cokelat isi didalamnya sangat matang. Ingat!! Warna kulit durian tidak menentukan kualitas buahnya. Karena ada sebagian kulit durian yang berwarna hijau memiliki daging yang enak dan matang.

2. Pilihlah Durian yang Berbentuk Bulat



Tidak semua durian yang Anda temui itu berbentuk bulat yaa..! Ada juga durian yang bentuknya lonjong. Agar Anda memperoleh daging buah durian yang banyak, maka pilihlah durian yang bentuknya bulat. Karena sudah banyak bukti bahwa buah yang berbentuk bulat memiliki daging yang lebih banyak daripada buah yang berbentuk lonjong.

3. Perhatikan Bentuk Duri dan Bobotnya

7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti

Dalam memilih durian, mencermati dan memperhatikan bentuk duri yang dimiliki durian juga sangat penting. Pasalnya cara ini sudah banyak terbukti. Pilihlah durian yangg memiliki duri yang pendek dan jarang sebab menandakan durian tersebut memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis. Usahakan jangan memilih durian yang memiliki bentuk duri yang panjang dan rapat karena isi dari durian tersebut sedikit.

Jangan lupa untuk memperhatikan bobot durian yang akan dibeli. Durian yang memiliki daging tebal cenderung mempunyai ciri memiliki bobot yang ringan disebabkan bijinya kecil sehingga mengurangi bobot durian tersebut.

4. Perhatikan Tangkai Durian yang Dipilih

7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti

Tahukah Anda bahwa durian yang tangkainya tebal dan pendek juga menunjukkan isi buahnya banyak dan tebal. Sebaliknya durian yang tangkainya ramping dan panjang menunjukkan isi buah didalamnya lebih sedikit dan tidak tebal. Jadi saat membeli durian perhatikan juga tangkainya jika ingin mencicipi daging buah durian yang tebal.

5. Cium Aroma Durian

7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti

Aroma durian sangat menentukan kualitas daging buah durian. Tidak perlu membelah durian, cukup Anda cium aromanya. Jika menebarkan aroma yang sangat harum, sudah jelas bahwa durian itu memiliki kualitas daging terbaik tanpa Anda harus membelahnya. Tapi anda juga harus waspada karena sekarang ada essential yang disemprotkan penjual durian agar durian yang di jual berbau harum padahal masih belum matang.

6. Jangan Membeli Durian yang Sudah Terbelah

7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti

Saat Anda membeli durian yang berwarna kuning dan kulitnya sudah terbelah, maka rasa dagingnya tidak akan semanis dengan durian yang kulitnya tertutup rapat. Mengapa daging yang kulitnya sudah terbelah tidak manis? Karena daging durian yang kulitnya sudah terbelah, angin akan mudah masuk sehingga menyebabkan rasa hambar pada daging durian tersebut. Sebaiknya beli durian yang masih tertutup rapat-rapat untuk memperoleh durian yang enak.

7. Minta Tester Terlebih Dahulu

7 Cara Memilih Durian yang Enak, Sudah Terbukti

Banyak sekali pedagang durian yang memberikan tester kepada para pembelinya, agar pembeli juga tahu kualitas daging duriannya. Ketika Anda mencoba untuk mencicipi langsung daging durian yang ditawarkan itu, tentunya Anda mengetahui kualitas buah daging durian tersebut. Namun Anda juga perlu berhati-hati karena pedagang terkadang pintar memberi tester buah durian yang terbaik, sedangkan durian-durian lain yang dijual tak sebaik testernya. Untuk menghindari hal semacam ini, Anda bisa makan durian langsung ditempat agar bisa komplain pada pedagangnya saat mendapat buah yang tidak sebaik testernya.

Itulah beberapa cara memilih durian yang enak. Sebelum Anda membeli durian, bisa banget tuh cara-cara diatas diterapkan agar durian yang Anda beli tidak mengecewakan. Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel