Manfaat Ikan Gabus Untuk Penyembuhan Luka

Samharis.com - Manfaat Ikan Gabus Untuk Penyembuhan Luka. Ikan Gabus merupakan jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan gabus termasuk salah satu ikan yang memiliki kandungan protein dan kandungan gizi sangat tinggi. Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa ikan gabus baik untuk dikonsumsi serta mempunyai banyak manfaat didalamnya.

Manfaat Ikan Gabus untuk Penyembuhan Luka

Selain mempunyai kandungan protein dan gizi yang tinggi, ikan gabus juga kaya dengan Albumin. Albumin  merupakan jenis protein yang sangat penting bagi tubuh manusia, terutama dalam proses untuk menyembuhkan luka-luka pada tubuh. Saat tubuh manusia kekurangan albumin (hypoalbumin), maka akan menyebabkan nutrisi yang ada diseluruh tubuh tidak bisa diedarkan dengan baik.

Banyak sekali manfaat yang akan anda diperoleh ketika mengkonsumsi ikan gabus. Berikut beberapa manfaat ikan gabus :

1. Pembentukan dan Pertumbuhan otot

Kandungan protein pada ikan gabus memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Sudah umum diketahui bahwa protein yang tinggi dapat membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh. Kandungan protein pada ikan gabus bisa dikatakan levelnya dibawah ikan salmon, namun ikan gabus tetap pilihan terbaik dari ikan air tawar yang dapat memenuhi kebutuhan protein.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sudah jelas bahwa ikan gabus ini juga memiliki kandungan albumin dalam kadar yang tinggi. Dan kandungan albumin inilah yang merupakan salah satu protein yang berguna dalam penyembuhan luka pada tubuh. Konsumsi ikan gabus pasca operasi sangat di anjurkan untuk proses percepatan penyembuhan luka, baik itu operasi pasca melahirkan ataupun operasi pada tulang.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Kandungan albumin juga berfungsi dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat kondisi tubuh mulai kurang kadar cairan, maka protein yang ada pada tubuh tersebut akan pecah dan tidak dapat berfungsi lagi secara normal. Kandungan albumin yang normal pada tubuh yaitu sekitar 60%. Maka mengkonsumsi ikan gabus bisa jadi alternatif untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Baik untuk Pencernaan

Struktur daging yang empuk pada ikan gabus adalah salah satu kelebihannya dalam proses pencernaan. Karena daging yang empuk akan lebih mudah dicerna dan tidak mengganggu fungsi pencernaan.

5. Nutrisi untuk Pertumbuhan

Dalam mengkonsumsi ikan gabus sangat baik untuk siapa saja, seperti halnya ibu hamil, ibu menyususi dll. Karena ikan gabus juga banyak mengandung nutrisi pendukung dalam proses pertumbuhan calon bayi. Selain dalam membantu pertumbuhan, ikan gabus juga baik dikonsumsi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagi para lansia.

Itulah beberapa manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Ikan memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, namun kesadaran manusia dalam mengkonsumsinya masih kurang. Padahal kandungan yang ada dalam ikan gabus tidak kalah dengan ikan laut ataupun daging sapi, ayam atau lainnya. Rajin-rajinlah dalam mengkonsumsi ikan untuk memenuhi nutrisi harian Anda. Semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel