Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kesehatan

Samharis.com - Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kesehatan. Kunyit yang kini Anda tahu mungkin hanya bumbu yang sering kita jumpai didapur, terutama dalam pembuatan bumbu dalam masakan kari. Tetapi bukan hanya itu, dilihat dari sudut pandang ilmiah, banyak sekali manfaat kunyit. Sejak jaman dahulu, kunyit memang dipercayai sebagai ramuan obat turun temurun sampai saat ini.

Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kesehatan

Warna kuning pada kunyit adalah ciri khasnya meski ada juga kunyit yang bewarna putih, tapi kunyit lebih dikenal dengan identitasnya yang berwarna kuning meski kunyit putih tak kalah hebat manfaatnya dengan kunyit kuning. Kunyit diperkaya dengan bahan aktif utama yang disebut dengan Kurkumin. Dalam penelitian mengatakan bahwa kurkumin yang ada pada kunyit manfaatnya sama atau tidak jauh beda dengan obat-obatan farmasi. Bahkan dengan menggunakan kurkumin lebih menguntungkan daripada menggunakan obat-obatan karena efek sampingnya lebih rendah. Adapun manfaat kunyit untuk kesehatan diantaranya yaitu:

Ramuan Antiperadangan Tubuh

Kunyit memiliki kemampuan antiperadangan atau meredakan gejala peradangan yang kuat diantara obat alami lainnya. Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin di dalam kunyit, kurkumin memberi manfaat sebagai agen anti-peradangan, khususnya pada peradangan usus. Minumlah 1 gram kunyit bubuk sehari selama 8 minggu untuk meredakan dan mengurangi peradangan usus.

Mengobati Penyakit Asam Lambung

Orang yang banyak mengkonsumsi makanan dan makanan tersebut mengandung rempah kunyit, maka orang tersebut akan lebih memiliki sistem pencernaan yang baik. Pencernaan disini termasuk usus besar dan kerongkongan. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan, terutama makanan yang serba instan. Karena banyak makanan yang membahayakan dapat mengikis dinding usus dan juga kerongkongan. Namun, Banyaknya/meningkatnya produksi lendir pada senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat melindungi dinding usus dan kerongkongan.

Mengurangi Produksi Gas pada Pencernaan

Dalam kehidupan sehari-hari, membuang gas (kentut) memang penting untuk pencernaan Anda. Karena sehari dua hari Anda tidak membuang gas, maka pencernaan Anda perlu dipertanyakan. Namun, membuang gas secara berlebihan juga tidak baik, dan itu artinya perut Anda bermasalah. Senyawa yang ada pada kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebihan, dan juga mengurangi perut kembung.

Mengurangi Mual

Kunyit juga dapat membantu mengurangi rasa mual pada pencernaan. Dan kandungan phytochemical pada kunyit inilah yang berfungsi menghadirkan antioksidan pada tubuh, sehingga dapat memerangi racun dalam tubuh dan bisa meredakan mual.

Meredakan Diare

Perhatikan semua makanan yang masuk dalam tubuh Anda, karena belum tentu itu semua baik. Keracunan makanan dan makanan yang tidak sehat dapat mengakibatkan diare. Namun bisa Anda cegah dengan minum ramuan herbal teh kunyit dan diare bisa disembuhkan. Karena kunyit juga memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membantu melawan dehidrasi dan menyeimabangkan cairan yang berkurang akibat diare.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan bisa Anda terapkan ketika mengalami berbagai macam peyakit seperti diatas yang sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat dan Jazaakumullah biikhair :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel