Memahami Pengertian dan Komponen Komputer

Samharis.com - Memahami Pengertian dan Komponen Komputer. Mungkin untuk saat sekarang komputer sudah bukan barang yang mewah lagi karena fungsi dan kegunaan komputer sudah bisa di gantikan oleh smartphone. Namun tidak ada salahnya kita mengetahui dan memahami pengertian komputer, fungsi serta komponen komponen yang mendukung kinerja komputer.

Memahami Pengertian dan Komponen Komputer

Meskipun sudah mulai terpinggirkan dengan munculnya smartphone yang canggih, namun komputer masih sangat di butuhkan untuk mengrjakan pekerjaan yang tidak mampu di selesaikan smartphone, seperti pemrograman dan pembuatan aplikasi, pengolahan data data perusahaan maupun pengolahan dan pengeditan suatu gambar dan video.

Secara leterleg komputer berasal dari kata Computare yang berarti menghitung. Sedangkan menurut bahasa, komputer di artikan sebagai suatu alat yang melakukan penghitungan aritmatika.

Elemen pendukung komputer terbagi menjadi 3 elemen :

  • Hardware, mempunyai arti sebagai perangkat keras, perangkat keras ini meliputi Processor, CPU, RAM, Harddisk dan Motherboard
  • Software atau perangkat lunak yang meliputi aplikasi aplikasi yang di instal di dalam komputer
  • Sistem Operasi atau biasanya di sebut OS ( Operation System ) seperti Windows dari Microsoft, Linux , ataupun Mac yang di keluarkan oleh Apple

Pengertian komputer juga memiliki definisi lain menurut para ahli, berikut ada beberapa Pengertian komputer menurut para ahli :

  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Komputer adalah suatu alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan secara cermat untuk mengolah bermacam data seperti data angka, data suara maupun data gambar
  • Menurut V.C Hamacher, Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat serta dapat menerima informasi berupa input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya, kemudian mengeluarkan output berupa informasi.

Kesimpulan 

Kesimpulan dari dua penjabaran dan pengertian di atas bisa di ambil kesimpulan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang bisa menerima input data, baik itu data teks, gambar, suara maupun berupa data video. kemudian mengolah data tersebut menjadi output yang berupa informasi bagi penggunanya.

Demikian ulasan singkat mengenai Pengertian dan komponen komponen pendukung komputer. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Salam Hangat dan Tetap Semangat Kawan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel