Yuk, Cari Tahu Penyebab Susah Tidur Malam dan Cara Mengatasinya

Samharis.com - Penyebab Susah Tidur Malam dan Cara Mengatasinya. Pernahkah Anda mengalami susah tidur dimalam hari? Hal ini merupakan sesuatu yang sangat mengganggu dan pasti akan membuat frustasi. Gangguan pada saat susah tidur ini biasa disebut dengan Insomnia. Insomnia adalah gejala susah saat ingin tidur dan sering juga terbangun secara tiba tiba dari tidur. Akibat dari susah tidur dimalam hari ini biasanya sangat mengganggu aktivitas pagi hari seperti kurang bersemangat untuk melakukan sesuatu, sulit untuk berkonsentrasi, hilangnya mood baik dan emosi yang tak terkendalikan.

Penyebab Susah Tidur Malam dan Cara Mengatasinya

Saat Anda susah tidur dimalam hari, pastinya berujung pada aktivitas begadang yang tidak jelas. Banyak sekali penyebab dari susah tidur dimalam hari yang akan merugikan kesehatan diri Anda. Untuk itu mari ketahui bersama apa saja penyebab susah tidur dimalam hari dan cara mengatasinya :

Penyebab Susah Tidur

Banyak faktor yang menyebabkan sulit tidur dimalam hari. Seperti flu, batuk, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang membuat Anda susah untuk tidur. Ada yang disebabkan oleh Nyeri kronik akibat rematik, Menopousal, Neuralgia (nyeri pada wajah), Kolik (nyeri pada perut) dan juga kanker dapat menyebabkan insomnia. Begitu juga dengan suasana yang sangat mengganggu dimalam hari seperti nokturia (berkemih/buang air kecil saat malam hari), udara yang terlalu panas dan juga terlalu dingin, serta suara bising yang membuat tidur dimalam hari sangat susah.

Ketergantungan pada alkohol, obat obatan (seperti antidepresan), tembakau dan kafein juga bisa menyebabkan susah tidur. Penyebab lain bisa juga dari Stres berkepanjangan, depresi, gangguan jiwa, kecemasan, berita buruk, memikirkan sesuatu yang belum tercapai ataupun kegagalan dalm mencapai sesuatu.

Insomnia terbagi menjadi 3 level bagian :

  • Insomnia Transien, yaitu insomnia yang terjadi dalam beberapa hari
  • Insomnia Jangka pendek, yaitu insomnia yang terjadi dalam beberapa minggu
  • Insomnia Kronis, yaitu insomnia yang terjadi lebih dari 3 minggu ke atas


Cara Mengatasinya

Sungguh akan lebih efektif apabila penyebab insomnia (susah tidur) Anda diatasi terlebih dahulu. Setelah itu cobalah beberapa cara tidur berikut ini untuk mengatasi susah tidur, diantaranya :
  1. Berbaringlah ditempat tidur ketika benar-benar ngantuk. Dan usahakan waktu tidur dijadwal agar tahu waktu-waktu kapan Anda akan pergi tidur.
  2. Saat beraktivitas cobalah untuk tidak menggunakan ranjang atau berada diatas kasur, seperti saat nonton TV, membaca, makan ataupun telefon. Karena menggunakan ranjang saat beraktivitas akan membuat Anda mempunyai kebiasaan terjaga ketika diranjang.
  3. Diusahakan pada saat siang hari tidak tidur, karena jika Anda tidur disiang hari maka malam harinya sungguh susah untuk tidur.
  4. Usahakan jangan mengkonsumsi minuman atau obat yang mengandung kafein sebelum tidur, karena kafein mengandung stimulan yang akan membuat denyut jantung anda meningkat yang menyebabkan anda akan selalu terjaga.
  5. Jangan merokok sebelum tidur karena rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat 
  6. Jangan minum alkohol, karena alkohol dapat membuat Anda gelisah saat ingin tidur.
  7. Luangkan waktu sore Anda dengan berolahraga. Cobalah untuk peregangan otot atau jalan kaki selama kurang lebih 20 menit sehingga metabolisme dan suhu badan Anda meningkat, kemudian akan menurun 6 jam sesudahnya dan akan berefek tidur Anda akan nyenyak dimalam harinya.
  8. Saat Anda akan tidur kurangi aktivitas sebelum tidur, hilangkan rasa cemas yang ada, jangan memikirkan apa yang akan terjadi hari esok dll. Cobalah untuk tenang dan santai.
  9. Pastikan sebelum tidur diri Anda sudah benar-benar bersih, semua pintu rumah dan kamar tertutup dan terkunci, cahaya lampu juga disesuaikan agar saat tidur Anda sudah benar-benar merasa aman dan nyaman.
  10. Dan terakhir usahakan sebelum tidur, Anda sudah makan dan minum secukupnya agar saat malam hari perut Anda tidak keroncongan dan tidak merasa kelaparan lagi. 

Itulah beberapa penyebab susah tidur malam dan cara mengatasinya. Apa yang dibaca semoga dapat menambah pengetahuan Anda, yang baik silahkan diambil manfaatnya yang jelek jangan diterapkan. Semoga share artikel ini membuat tidur Anda lebih nyaman lagi dan bermanfaat. Jazaakumullah biikhair :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel