Perhatikan Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus diwaspadai

Samharis.com - Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus diwaspadai. Saat ini banyak sekali makanan yang serba instan dan makanan yang tidak sehat dikonsumsi. Akibatnya tubuh akan mudah terserang penyakit, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Selain makanan, obesitas (kegemukan ) dan juga jarang berolah raga dapat memicu terjadinya kenaikan kadar kolesterol yang akan berisiko serangan jantung dan stroke. Saat kadar kolesterol tubuh naik, arteri koroner yang mensuplai jantung secara perlahan akan menyempit akibat penumpukan plak. Kondisi semacam ini dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke (aterosklerosis).

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus diwaspadai

Ketika penumpukan plak terus terjadi, sepotong plakat pada arteri bisa tersobek dan pada akhirnya pembekuan darah akan terbentuk disekitar plak. Hal semacam ini dapat menghalangi aliran darah ke otot jantung dan kehilangan aliran oksigen juga nutrisinya. Jantung akan rusak apabila kekurangan oksigen dan hal itulah yang dinamakan dengan serangan jantung. Lalu, tahukah Anda apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi? Berikut beberapa ciri-cirinya:

1. Dada terasa nyeri

Pada saat kadar kolesterol mulai tinggi, inilah yang dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam arteri. Kondisi seperti ini yang membuat aliran darah menuju jantung tidak lancar dan rasa nyeri akan terasa saat kondisi seperti ini. Namun terkadang rasa nyeri pada dada sering orang mengabaikan karena dianggap hanya kelelahan saja. Waspada ketika nyeri pada dada dapat memicu aliran darah tidak lancar, hal semacam inilah yang menyebabkan munculnya gejala penyakit jantung.

2. Kaki dan tangan mudah sakit

Orang yang kini mempunyai kadar kolesterol tinggi mengalami rasa sakit pada bagian kaki dan tangannya. Rasa sakit yang biasa dialami biasanya nyeri, ngilu ataupun tidak nyaman saat mengangkat benda berat. Biasanya sering terjadi pada lansia yang sering kesemutan pada bagian kaki dan tangannya. Hak semacam ini pertanda bahwa kolesterol dapat menyebabkan aliran darah pada kaki dan tangan tidak lancar.

3. Sulit bernafas

Salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi bisa juga disebabkan oleh sulitnya saat bernafas. Hal ini dapat terjadi karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah paru, sehingga jatung tidak bisa lagi memompa darah dengan baik ke paru dan menyebabkan kurangnya oksigen.

4. Gampang capek

Orang yang memiliki kolesterol tinggi sering kali merasakan tubuh sangat lelah, karena pada saat itu tubuh tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup yang akhirnya dapat menyebabkan tubuh menjadi sangat lelah.

5. Otot tubuh mudah lelah

Orang yang mengalami kolesterol tinggi juga mengalami otot kaki lemah. Penyebabnya adalah ketika arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup akhirnya otot kaki menjadi sangat lemah.

Itulah beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai. Mari bersama-sama lindungi kesehatan tubuh Anda dengan banyak berolah raga, makan dengan teratur dan juga konsumsi makanan yang sehat. Jika Anda bisa menyayangi tubuh Anda, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Semoga bermanfaat dan Jazaakumullah biikhair:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel