Yuk Ketahui, Cara Mudah Membuat Tempe Sendiri di Rumah

Samharis.com - Cara Membuat Tempe Sendiri. Anda sudah tidak asing lagi kan dengan makanan satu ini ? Makanan dari bahan kedelai ini adalah salah satu makanan khas orang Indonesia yang selalu menghiasi meja makan kita sehari hari. Makanan ini menjadi favorit di Indonesia karena rasanya yang gurih dan kandungan protein nabatinya yang tinggi. Sekedar info bahwa Protein nabati sangat bagus untuk metabolisme tubuh.

sumber : id wikipedia

Banyak resep resep masakan yang menggunakan tempe sebagai bahan dasarnya. Seperti resep cara membuat tempe bacem, cara membuat tempe mendoan dan lainnya. Dari satu bahan tempe bisa di olah menjadi beberapa resep masakan. Namun kali ini samharis.com ingin membagikan artikel tentang langkah langkah dan cara membuat tempe sendiri alias Homemade kata anak generasi millenial sekarang.

Membuat tempe membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Setiap langkah langkah membuat tempe harus di perhatikan secara detail guna mendapatkan hasil yang terbaik. Karena jika anda asal asalan dalam memahami dan menerapkan cara membuat tempe yang baik, maka hasil yang akan anda dapatkan bisa berantakan nantinya, alhasil produksi tempe pun akan mengalami kegagalan. Tentunya juga akan berpengaruh pada rasa tempe.

Perhatikanlah kebersihan di lingkungan tempat produksi tempe, jangan lupa perhatikan juga sanitasi udara di ruangan produksi agar kemurnian bibit (inokulum) jamur spora bisa terjaga. Karena membuat tempe adalah proses menumbuhkan jamur spora yang bernama Rhizopus sp pada kacang kedelai sebagai bahan dasarnya. Pilihlah selalu kedelai yang berkualitas dan tidak bercampur dengan biji bijian lain.

Berikut bahan bahan dan alat alat yang anda butuhkan di dalam proses membuat tempe :

Bahan :

  • Kacang Kedelai (4 kg)
  • Ragi Tempe (3 gram)
  • Daun Pisang atau kantong plastik secukupnya

Alat Alat :

  • Baskom
  • Saringan
  • Dandang
  • Tampah
  • Sotel kayu
  • Kipas angin
  • Kompor

Langkah Pembuatan :

  1. Cucilah semua peralatan dengan bersih lalu keringkan
  2. Bersihkan kedelai dari campuran biji biji lain ataupun kotoran yang lain
  3. Rendamlah biji kacang kedelai selama 13-18 jam dengan air dingin agar kedelai bisa menyerap air banyak agar biji kedelai mengembang dan proses pelepasan kulit kedelai jadi mudah
  4. Setelah di rendam, bersihkan biji kedelai dari kulitnya dengan air bersih, jangan memakai air yang mengandung kaporit seperti air PDAM karena akan mengganggu proses fermentasi tempe nanti
  5. Kukus biji kedelai yang sudah di kupas kulitnya sampai empuk
  6. Setelah dirasa empuk, angkat biji kedelai dari kukusan
  7. Tuangkan biji kedelai ke dalam tampah, lalu angin anginkan dengan kipas angin sampai biji kedelai tersebut terasa hangat (tidak panas lagi)
  8. Taburkan ragi pada keseluruhan biji kedelai di tampah sambil di aduk aduk supaya ragi tempe bisa tercampur merata
  9. Siapkan daun pisang atau plastik
  10. Masukkan biji kedelai yang telah di campur ragi ke wadah daun pisang atau plastik, aturlah ketebalannya sesuai selera.
  11. Biarkan dalam suhu kamar, proses fermentasi ini bisa memakan waktu 1-2 hari atau hingga jamur spora menyelimuti seluruh biji kedelai

Bagaimana sobat, terutama bunda bunda muda yang suka memasak? cukup mudah bukan cara membuatnya. Sobat bisa membuatnya sendiri jika ingin berwirausaha di rumah. Jika anda ingin membuat dengan kapasitas banyak, tinggal mengalikan bahan bahannya saja di atas. Sebuah ide dan gagasan tidak akan terwujud jika hanya di pikirkan dan di rencanakan, karena sebuah ide harus di praktekkan.

Ok sobat, cukup sekian share artikel mengenai cara membuat tempe sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan menjadi ladang bisnis Anda yang baru.

Salam Hangat dan Tetap Semangat Kawan ^_^



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel